1.  Tipe Standar
Kita akan mengerjakan pembuatan material transparan dan ditempatkan 
pada sebuah objek gelas. Dalam membuat material transparan, terdapat dua
 tipe, yaitu tipe standar dan raytrace.
 
Membuat Material Transparan dan Mengaplikasikannya
1.    

 Buatlah objek dengan bentuk gelas atau Anda dapat mengambil pada file 
max pada bab 1, lalu pilihlah gelas tersebut dengan menggunakan 
Select Object.
2.    Tekan tombol 
M untuk menampilkan jendela 
Material Editor.
3.    Perhatikan rollout 
Blinn Basic Parameters yang terdapat di dalam jendela Material Editor. Klik kotak warna 
Diffuse, setelah itu akan tampil kotak dialog 
Color Selector; Diffuse Color. Dari kotak dialog ini, ubah nilai 
Red, Green dan Blue, semuanya menjadi 
110. Tutup kotak dialog ini dengan mengklik 
Close.
4.    Tutup rollout 
Blinn Basic Parameters, dan buka rollout 
Extended Parameters.

5.    Perhatikan grup 
Advanced Transparancy, isi nilai Amt menjadi 
70.
6.    Berilah nama material yang telah Anda buat ini dengan nama 
Kaca_Gelap pada kotak combo nama material.
7.   

 Klik tombol 
Assign Material to Selection untuk menempatkan material ini pada objek terpilih.
8.    Tutuplah jendela 
Material Editor.
Melakukan Render
1.    Aktifkan Perspective viewport.
2.    Klik menu 
Rendering, kemudian klik sebmenu 
Render.
3.    

 Setelah itu tampil kotak dialog 
Render Scene. Pada grup Option, klik kotak cek 
Force 2-Sided. Klik tombol 
Render, untuk hasilnya lihat gambar di bawah ini.
 2.  Tipe Raytrace
2.  Tipe Raytrace
Berikut ini Anda akan mengerjakan pembuatan material transparan 
menggunakan tipe raytrace. Pada dasarnya, kedua teknik pembuatan 
material transparan ini sama. Namun, untuk beberapa hal, tipe raytrace 
menghasilkan pembuatan material yang lebih akurat dan presisi ketika 
dilakukan proses ketika dilakukan proses render, karena teknik 
pendekatan yang dipergunakan lebih baik dibandingkan metode standar.
 Membuat Material Transparan dan Mengaplikasikannya
Membuat Material Transparan dan Mengaplikasikannya
1.   

 Pilihlah objek gelas menggunakan 
Select Object.
2.    Tekan tombol 
M untuk menampilkan jendela 
Material Editor.
3.     

 Klik tombol Standard yang ada di dalam 
Material Editor.
4.    Setelah itu tampil jendela 
Material/Map Browser. Klik ganda pada 
Raytrace.
5.    Setelah itu tampil rollout 
Raytrace Basic Parameters, klik pada kotak warna 
Transparancy, lihat gambar di bawah ini.

6.    Setelah itu tampil kotak dialog 
Color Selector : Transparancy, ubah warna 
Red, Green dan Blue, semuanya menjadi 
240. Klik 
close untuk menutup kotak dialog ini.
7.    Berilah nama material yang Anda buat ini dengan nama 
Kaca_Gelap pada kotak combo nama material.
8.   

 Klik tombol 
Assign Material to Selection untuk menempatkan material ini pada objek terpilih.
9.    Tutuplah jendela 
Material Editor.
Melakukan Render
1.    Aktifkan perspective viewport.
2.    Klik menu 
Rendering, kemudian klik submenu 
Render.
3.    

 Setelah itu tampil kotak dialog Render Scene. Pada grup Option, klik kotak cek 
Force 2-Sided. Klik tombol Render. Untuk lebih jelas lihat gambar di bawah ini.
 3.  Membuat Material Cermin
3.  Membuat Material Cermin
Anda akan membuat material cermin yang akan diaplikasikan pada objek 
meja, dimana di atasnya terdapat sebuah objek gelas. Perhatikan gambar 
di bawah ini untuk hasil jadinya.
 Membuat Material Cermin dan Mengaplikasikannya
Membuat Material Cermin dan Mengaplikasikannya
1.   

 Pilihlah semua objek meja menggunakan 
Select By Name. Dari kotak dialog 
Select Object seperti gambar di bawah ini.

2.    Tekan tombol 
M untuk menampilkan jendela 
Material Editor.
3.    Pilih slot yang kosong dengan jalan mengkliknya.
4.    Klik tombol
 Standard yang ada di dalam 
Material Editor.
5.    Isi 
Diffuse Color dengan 
Wood, isilah parameternya sesuai dengan gambar di bawah ini.

6.   

 Klik tombol 
Go to Parent.
7.    Geser parameter 
Material Editor ke bawah hingga rollout Maps, buka maps dan ceklis pada 
Reflection isi angka disebelahnya menjadi 
18 dan klik tombol 
none disebelahnya dan muncul kotak dialog 
Material/Map Browser dan pilih 
Raytrace, klik 
OK .

8.    Biarkan settingan 
Raytrace tersebut dan klik tombol 
Go To Parent.
9.    Berilah nama material yang telah Anda buat ini dengan nama 
Kayu_pelitur pada kotak combo nama material.
10.  

 Klik tombol 
Assign Material to Selection untuk menempatkan material ini pada objek terpilih.
11.    Tutuplah jendela 
Material Editor.
Melakukan Render
1.    Aktifkan Perspective viewport.
2.    Klik menu 
Rendering, kemudian klik submenu 
Render.
3.    Setelah itu tampil kotak 
Render Scene. Tanpa mengubah seting apapun, klik secara langsung tombol 
Render yang berada di baris paling bawah dari kotak dialog.