1. Tipe Standar
Kita akan mengerjakan pembuatan material transparan dan ditempatkan
pada sebuah objek gelas. Dalam membuat material transparan, terdapat dua
tipe, yaitu tipe standar dan raytrace.
Membuat Material Transparan dan Mengaplikasikannya
1.
Buatlah objek dengan bentuk gelas atau Anda dapat mengambil pada file
max pada bab 1, lalu pilihlah gelas tersebut dengan menggunakan
Select Object.
2. Tekan tombol
M untuk menampilkan jendela
Material Editor.
3. Perhatikan rollout
Blinn Basic Parameters yang terdapat di dalam jendela Material Editor. Klik kotak warna
Diffuse, setelah itu akan tampil kotak dialog
Color Selector; Diffuse Color. Dari kotak dialog ini, ubah nilai
Red, Green dan Blue, semuanya menjadi
110. Tutup kotak dialog ini dengan mengklik
Close.
4. Tutup rollout
Blinn Basic Parameters, dan buka rollout
Extended Parameters.
5. Perhatikan grup
Advanced Transparancy, isi nilai Amt menjadi
70.
6. Berilah nama material yang telah Anda buat ini dengan nama
Kaca_Gelap pada kotak combo nama material.
7.
Klik tombol
Assign Material to Selection untuk menempatkan material ini pada objek terpilih.
8. Tutuplah jendela
Material Editor.
Melakukan Render
1. Aktifkan Perspective viewport.
2. Klik menu
Rendering, kemudian klik sebmenu
Render.
3.
Setelah itu tampil kotak dialog
Render Scene. Pada grup Option, klik kotak cek
Force 2-Sided. Klik tombol
Render, untuk hasilnya lihat gambar di bawah ini.
2. Tipe Raytrace
Berikut ini Anda akan mengerjakan pembuatan material transparan
menggunakan tipe raytrace. Pada dasarnya, kedua teknik pembuatan
material transparan ini sama. Namun, untuk beberapa hal, tipe raytrace
menghasilkan pembuatan material yang lebih akurat dan presisi ketika
dilakukan proses ketika dilakukan proses render, karena teknik
pendekatan yang dipergunakan lebih baik dibandingkan metode standar.
Membuat Material Transparan dan Mengaplikasikannya
1.
Pilihlah objek gelas menggunakan
Select Object.
2. Tekan tombol
M untuk menampilkan jendela
Material Editor.
3.
Klik tombol Standard yang ada di dalam
Material Editor.
4. Setelah itu tampil jendela
Material/Map Browser. Klik ganda pada
Raytrace.
5. Setelah itu tampil rollout
Raytrace Basic Parameters, klik pada kotak warna
Transparancy, lihat gambar di bawah ini.
6. Setelah itu tampil kotak dialog
Color Selector : Transparancy, ubah warna
Red, Green dan Blue, semuanya menjadi
240. Klik
close untuk menutup kotak dialog ini.
7. Berilah nama material yang Anda buat ini dengan nama
Kaca_Gelap pada kotak combo nama material.
8.
Klik tombol
Assign Material to Selection untuk menempatkan material ini pada objek terpilih.
9. Tutuplah jendela
Material Editor.
Melakukan Render
1. Aktifkan perspective viewport.
2. Klik menu
Rendering, kemudian klik submenu
Render.
3.
Setelah itu tampil kotak dialog Render Scene. Pada grup Option, klik kotak cek
Force 2-Sided. Klik tombol Render. Untuk lebih jelas lihat gambar di bawah ini.
3. Membuat Material Cermin
Anda akan membuat material cermin yang akan diaplikasikan pada objek
meja, dimana di atasnya terdapat sebuah objek gelas. Perhatikan gambar
di bawah ini untuk hasil jadinya.
Membuat Material Cermin dan Mengaplikasikannya
1.
Pilihlah semua objek meja menggunakan
Select By Name. Dari kotak dialog
Select Object seperti gambar di bawah ini.
2. Tekan tombol
M untuk menampilkan jendela
Material Editor.
3. Pilih slot yang kosong dengan jalan mengkliknya.
4. Klik tombol
Standard yang ada di dalam
Material Editor.
5. Isi
Diffuse Color dengan
Wood, isilah parameternya sesuai dengan gambar di bawah ini.
6.
Klik tombol
Go to Parent.
7. Geser parameter
Material Editor ke bawah hingga rollout Maps, buka maps dan ceklis pada
Reflection isi angka disebelahnya menjadi
18 dan klik tombol
none disebelahnya dan muncul kotak dialog
Material/Map Browser dan pilih
Raytrace, klik
OK .
8. Biarkan settingan
Raytrace tersebut dan klik tombol
Go To Parent.
9. Berilah nama material yang telah Anda buat ini dengan nama
Kayu_pelitur pada kotak combo nama material.
10.
Klik tombol
Assign Material to Selection untuk menempatkan material ini pada objek terpilih.
11. Tutuplah jendela
Material Editor.
Melakukan Render
1. Aktifkan Perspective viewport.
2. Klik menu
Rendering, kemudian klik submenu
Render.
3. Setelah itu tampil kotak
Render Scene. Tanpa mengubah seting apapun, klik secara langsung tombol
Render yang berada di baris paling bawah dari kotak dialog.