
Dalam
 pembentukan objek gelas, Anda  harus membuat kurva objek shape terlebih
 dahulu. Dalam tutorial berikut  ini, Anda akan membuat sebuah objek 
gelas anggur menggunakan modifier  Lathe.
 
Membuat Shape Gelas
1.    Aktifkan Front viewport dengan jalan mengklik kanan mouse pada  viewport.
2.   

 Klik tombol 
Min/Max Toggle yang berada di sudut bawah layar. Tujuan pengklikan ini untuk mengubah  tampilan viewport yang aktif (Front) satu layer penuh.
3.   

 Perhatikan
 command panel yang  terdapat dibagian kanan layer. Pada command panel ini, pastikan bahwa  Create adalah tab yang aktif.
4.   

 Pada objek categories yang lokasinya  tepat di bawah tab, ubah pilihan yang aktif menjadi Shape dengan jalan  mengklik tombol 
Shapes.
5.    Selanjutnya pada command panel, tampil rollout Object Type.  
Lalu klik tombol Line untuk memulai membuat kurva objek gelas.
6.    Selanjutnya, pada Front viewport, buatlah garis dengan bentuk  
setengah objek gelas dengan jalan mengklik dan mendragnya. Lihat gambit 
 di bawah untuk bentuk dan posisi pengklikan.
7.    Klik tombol 
Min/Max Toggle satu kali lagi untuk  mengembalikan tampilan empat viewport.
Mengubah Objek Shape Menjadi Benda Putar
1.   

 Pastikan bahwa objek shape yang baru  saja anda buat masih dalam 
keadaan terpilih. Hal ini ditandai oleh  warnanya, yaitu netral (putih).
 Jika tidak, Anda dapat memilih objek  dengan jalan mengklik padanya, 
tetapi sebelumnya Anda klik  terlebihdahulu tombol Select Object yang 
terdapat di dalam Main Toolbar.
2.  

 Ubah tab yang aktif menjadi 
Modify dengan jalan mengklik pada tab bersangkutan.
3.    Di dalam rollout Modifiers, klik Lathe.
Hasil pembuatan objek benda putar menggunakan modifier Lathe dapat  
dilihat pada gambar diatas. Bentuk objek tidak sesuai dengan keinginan  
karena bentuknya mengecil dan saling bertubrukan. Oleh karena itu, untuk
  membuat objek gelas sebenarnya, Anda perlu mengubah aksis perputaran  
objek.
Mengubah Aksis Perputaran (Pivot Point)
1.    Sebelum melakukan aksi mengubah pivot point, Anda batalkan  
terlebih dahulu pembuatan modifier Lathe pada langkah sebelumknya, yaitu
  dengan jalan menekan tombol Ctrl+Z (penekanan tombol control yang  
dibarengi dengan penekanan tombolZ).
2.  

 Klik tombol 
Select and Move yang berada di dalam Main Toolbar.
3.   

 Ubah tab yang aktif pada command  panel menjadi 
Hierarchy.
4.   

 Di dalam rollout 
Adjust Pivot,  klik tombol 
Affect Pivot Only.
5.    Pastikan bahwa Front viewport aktif, jika tidak buatlah menjadi
  aktif dengan jalan mengklik kanan mouse pada Front viewport.
6.    Setelah itu tampil transform gizmo bentuk khusus pivot point  
pada kurva objek shape. Gambar di bawah adalah ilustrasi yang juga  
tampil pada layer Anda. Dekatkan mouse pada sumbu X yang menyebabkan  
hanya sumbu X yang berwarna kuning.
7.    Klik dan tahan pengklikan, kemudian geser ke kiri hingga garis 
 as Front viewport. Lihat gambar dibawah ini untuk ilustrasi pergeseran 
 pivot point yang harus Anda dapatkan.
8.    Klik tombol 
Affect Pivot Only lagi untuk  menonaktifkannya.
Mengubah Kembali Objek Shape Menjadi Benda Putar
1.    Ubah tab yang aktif menjadi Modify
2.    Di dalam rollout Modifiers, klik tombol Lathe. Hasil akhirnya   terlihat seperti gambar di bawah ini.