Dalam
pembentukan objek gelas, Anda harus membuat kurva objek shape terlebih
dahulu. Dalam tutorial berikut ini, Anda akan membuat sebuah objek
gelas anggur menggunakan modifier Lathe.
Membuat Shape Gelas
1. Aktifkan Front viewport dengan jalan mengklik kanan mouse pada viewport.
2.
Klik tombol
Min/Max Toggle yang berada di sudut bawah layar. Tujuan pengklikan ini untuk mengubah tampilan viewport yang aktif (Front) satu layer penuh.
3.
Perhatikan
command panel yang terdapat dibagian kanan layer. Pada command panel ini, pastikan bahwa Create adalah tab yang aktif.
4.
Pada objek categories yang lokasinya tepat di bawah tab, ubah pilihan yang aktif menjadi Shape dengan jalan mengklik tombol
Shapes.
5. Selanjutnya pada command panel, tampil rollout Object Type.
Lalu klik tombol Line untuk memulai membuat kurva objek gelas.
6. Selanjutnya, pada Front viewport, buatlah garis dengan bentuk
setengah objek gelas dengan jalan mengklik dan mendragnya. Lihat gambit
di bawah untuk bentuk dan posisi pengklikan.
7. Klik tombol
Min/Max Toggle satu kali lagi untuk mengembalikan tampilan empat viewport.
Mengubah Objek Shape Menjadi Benda Putar
1.
Pastikan bahwa objek shape yang baru saja anda buat masih dalam
keadaan terpilih. Hal ini ditandai oleh warnanya, yaitu netral (putih).
Jika tidak, Anda dapat memilih objek dengan jalan mengklik padanya,
tetapi sebelumnya Anda klik terlebihdahulu tombol Select Object yang
terdapat di dalam Main Toolbar.
2.
Ubah tab yang aktif menjadi
Modify dengan jalan mengklik pada tab bersangkutan.
3. Di dalam rollout Modifiers, klik Lathe.
Hasil pembuatan objek benda putar menggunakan modifier Lathe dapat
dilihat pada gambar diatas. Bentuk objek tidak sesuai dengan keinginan
karena bentuknya mengecil dan saling bertubrukan. Oleh karena itu, untuk
membuat objek gelas sebenarnya, Anda perlu mengubah aksis perputaran
objek.
Mengubah Aksis Perputaran (Pivot Point)
1. Sebelum melakukan aksi mengubah pivot point, Anda batalkan
terlebih dahulu pembuatan modifier Lathe pada langkah sebelumknya, yaitu
dengan jalan menekan tombol Ctrl+Z (penekanan tombol control yang
dibarengi dengan penekanan tombolZ).
2.
Klik tombol
Select and Move yang berada di dalam Main Toolbar.
3.
Ubah tab yang aktif pada command panel menjadi
Hierarchy.
4.
Di dalam rollout
Adjust Pivot, klik tombol
Affect Pivot Only.
5. Pastikan bahwa Front viewport aktif, jika tidak buatlah menjadi
aktif dengan jalan mengklik kanan mouse pada Front viewport.
6. Setelah itu tampil transform gizmo bentuk khusus pivot point
pada kurva objek shape. Gambar di bawah adalah ilustrasi yang juga
tampil pada layer Anda. Dekatkan mouse pada sumbu X yang menyebabkan
hanya sumbu X yang berwarna kuning.
7. Klik dan tahan pengklikan, kemudian geser ke kiri hingga garis
as Front viewport. Lihat gambar dibawah ini untuk ilustrasi pergeseran
pivot point yang harus Anda dapatkan.
8. Klik tombol
Affect Pivot Only lagi untuk menonaktifkannya.
Mengubah Kembali Objek Shape Menjadi Benda Putar
1. Ubah tab yang aktif menjadi Modify
2. Di dalam rollout Modifiers, klik tombol Lathe. Hasil akhirnya terlihat seperti gambar di bawah ini.