7 Feb 2013

Membuat Material Transparan / Cermin

1.  Tipe Standar
Kita akan mengerjakan pembuatan material transparan dan ditempatkan pada sebuah objek gelas. Dalam membuat material transparan, terdapat dua tipe, yaitu tipe standar dan raytrace.


Membuat Material Transparan dan Mengaplikasikannya

1.     Buatlah objek dengan bentuk gelas atau Anda dapat mengambil pada file max pada bab 1, lalu pilihlah gelas tersebut dengan menggunakan Select Object.
2.    Tekan tombol M untuk menampilkan jendela Material Editor.
3.    Perhatikan rollout Blinn Basic Parameters yang terdapat di dalam jendela Material Editor. Klik kotak warna Diffuse, setelah itu akan tampil kotak dialog Color Selector; Diffuse Color. Dari kotak dialog ini, ubah nilai Red, Green dan Blue, semuanya menjadi 110. Tutup kotak dialog ini dengan mengklik Close.
4.    Tutup rollout Blinn Basic Parameters, dan buka rollout Extended Parameters.

5.    Perhatikan grup Advanced Transparancy, isi nilai Amt menjadi 70.
6.    Berilah nama material yang telah Anda buat ini dengan nama Kaca_Gelap pada kotak combo nama material.
7.   Klik tombol Assign Material to Selection untuk menempatkan material ini pada objek terpilih.
8.    Tutuplah jendela Material Editor.
Melakukan Render
1.    Aktifkan Perspective viewport.
2.    Klik menu Rendering, kemudian klik sebmenu Render.
3.     Setelah itu tampil kotak dialog Render Scene. Pada grup Option, klik kotak cek Force 2-Sided. Klik tombol Render, untuk hasilnya lihat gambar di bawah ini.

2.  Tipe Raytrace
Berikut ini Anda akan mengerjakan pembuatan material transparan menggunakan tipe raytrace. Pada dasarnya, kedua teknik pembuatan material transparan ini sama. Namun, untuk beberapa hal, tipe raytrace menghasilkan pembuatan material yang lebih akurat dan presisi ketika dilakukan proses ketika dilakukan proses render, karena teknik pendekatan yang dipergunakan lebih baik dibandingkan metode standar.

Membuat Material Transparan dan Mengaplikasikannya
1.   Pilihlah objek gelas menggunakan Select Object.
2.    Tekan tombol M untuk menampilkan jendela Material Editor.
3.      Klik tombol Standard yang ada di dalam Material Editor.
4.    Setelah itu tampil jendela Material/Map Browser. Klik ganda pada Raytrace.
5.    Setelah itu tampil rollout Raytrace Basic Parameters, klik pada kotak warna Transparancy, lihat gambar di bawah ini.

6.    Setelah itu tampil kotak dialog Color Selector : Transparancy, ubah warna Red, Green dan Blue, semuanya menjadi 240. Klik close untuk menutup kotak dialog ini.
7.    Berilah nama material yang Anda buat ini dengan nama Kaca_Gelap pada kotak combo nama material.
8.   Klik tombol Assign Material to Selection untuk menempatkan material ini pada objek terpilih.
9.    Tutuplah jendela Material Editor.
Melakukan Render
1.    Aktifkan perspective viewport.
2.    Klik menu Rendering, kemudian klik submenu Render.
3.     Setelah itu tampil kotak dialog Render Scene. Pada grup Option, klik kotak cek Force 2-Sided. Klik tombol Render. Untuk lebih jelas lihat gambar di bawah ini.

3.  Membuat Material Cermin
Anda akan membuat material cermin yang akan diaplikasikan pada objek meja, dimana di atasnya terdapat sebuah objek gelas. Perhatikan gambar di bawah ini untuk hasil jadinya.

Membuat Material Cermin dan Mengaplikasikannya
1.   Pilihlah semua objek meja menggunakan Select By Name. Dari kotak dialog Select Object seperti gambar di bawah ini.

2.    Tekan tombol M untuk menampilkan jendela Material Editor.
3.    Pilih slot yang kosong dengan jalan mengkliknya.
4.    Klik tombol Standard yang ada di dalam Material Editor.
5.    Isi Diffuse Color dengan Wood, isilah parameternya sesuai dengan gambar di bawah ini.

6.   Klik tombol Go to Parent.
7.    Geser parameter Material Editor ke bawah hingga rollout Maps, buka maps dan ceklis pada Reflection isi angka disebelahnya menjadi 18 dan klik tombol none disebelahnya dan muncul kotak dialog Material/Map Browser dan pilih Raytrace, klik OK .
8.    Biarkan settingan Raytrace tersebut dan klik tombol Go To Parent.
9.    Berilah nama material yang telah Anda buat ini dengan nama Kayu_pelitur pada kotak combo nama material.
10.   Klik tombol Assign Material to Selection untuk menempatkan material ini pada objek terpilih.
11.    Tutuplah jendela Material Editor.
Melakukan Render
1.    Aktifkan Perspective viewport.
2.    Klik menu Rendering, kemudian klik submenu Render.
3.    Setelah itu tampil kotak Render Scene. Tanpa mengubah seting apapun, klik secara langsung tombol Render yang berada di baris paling bawah dari kotak dialog.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Semua umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.

1. Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
2. Pastikan untuk "Berlangganan Lewat Email" untuk membangun kreatifitas blog ini
3. Jika Anda memiliki masalah cek dulu komentar, mungkin Anda akan menemukan solusi di sana.
4. Jangan Tambah Link ke tubuh komentar Anda karena saya memakai system link exchange
5. Dilarang menyebarluaskan artikel tanpa persetujuan dari saya.
6. Bergabung dengan kami untuk menjadi member ► | JOIN TO MEMBER BLOG | Dan mendapat fasilitas penuh