7 Feb 2013

Membuat Gelas Dengan Lathe

Dalam pembentukan objek gelas, Anda harus membuat kurva objek shape terlebih dahulu. Dalam tutorial berikut ini, Anda akan membuat sebuah objek gelas anggur menggunakan modifier Lathe.
Membuat Shape Gelas
1.    Aktifkan Front viewport dengan jalan mengklik kanan mouse pada viewport.
2.   Klik tombol Min/Max Toggle yang berada di sudut bawah layar. Tujuan pengklikan ini untuk mengubah tampilan viewport yang aktif (Front) satu layer penuh.
3.   Perhatikan command panel yang terdapat dibagian kanan layer. Pada command panel ini, pastikan bahwa Create adalah tab yang aktif.
4.   Pada objek categories yang lokasinya tepat di bawah tab, ubah pilihan yang aktif menjadi Shape dengan jalan mengklik tombol Shapes.
5.    Selanjutnya pada command panel, tampil rollout Object Type. Lalu klik tombol Line untuk memulai membuat kurva objek gelas.
6.    Selanjutnya, pada Front viewport, buatlah garis dengan bentuk setengah objek gelas dengan jalan mengklik dan mendragnya. Lihat gambit di bawah untuk bentuk dan posisi pengklikan.
7.    Klik tombol Min/Max Toggle satu kali lagi untuk mengembalikan tampilan empat viewport.
Mengubah Objek Shape Menjadi Benda Putar
1.   Pastikan bahwa objek shape yang baru saja anda buat masih dalam keadaan terpilih. Hal ini ditandai oleh warnanya, yaitu netral (putih). Jika tidak, Anda dapat memilih objek dengan jalan mengklik padanya, tetapi sebelumnya Anda klik terlebihdahulu tombol Select Object yang terdapat di dalam Main Toolbar.
2.   Ubah tab yang aktif menjadi Modify dengan jalan mengklik pada tab bersangkutan.
3.    Di dalam rollout Modifiers, klik Lathe.
Hasil pembuatan objek benda putar menggunakan modifier Lathe dapat dilihat pada gambar diatas. Bentuk objek tidak sesuai dengan keinginan karena bentuknya mengecil dan saling bertubrukan. Oleh karena itu, untuk membuat objek gelas sebenarnya, Anda perlu mengubah aksis perputaran objek.
Mengubah Aksis Perputaran (Pivot Point)
1.    Sebelum melakukan aksi mengubah pivot point, Anda batalkan terlebih dahulu pembuatan modifier Lathe pada langkah sebelumknya, yaitu dengan jalan menekan tombol Ctrl+Z (penekanan tombol control yang dibarengi dengan penekanan tombolZ).
2.   Klik tombol Select and Move yang berada di dalam Main Toolbar.
3.   Ubah tab yang aktif pada command panel menjadi Hierarchy.
4.   Di dalam rollout Adjust Pivot, klik tombol Affect Pivot Only.
5.    Pastikan bahwa Front viewport aktif, jika tidak buatlah menjadi aktif dengan jalan mengklik kanan mouse pada Front viewport.
6.    Setelah itu tampil transform gizmo bentuk khusus pivot point pada kurva objek shape. Gambar di bawah adalah ilustrasi yang juga tampil pada layer Anda. Dekatkan mouse pada sumbu X yang menyebabkan hanya sumbu X yang berwarna kuning.
7.    Klik dan tahan pengklikan, kemudian geser ke kiri hingga garis as Front viewport. Lihat gambar dibawah ini untuk ilustrasi pergeseran pivot point yang harus Anda dapatkan.
8.    Klik tombol Affect Pivot Only lagi untuk menonaktifkannya.
Mengubah Kembali Objek Shape Menjadi Benda Putar
1.    Ubah tab yang aktif menjadi Modify
2.    Di dalam rollout Modifiers, klik tombol Lathe. Hasil akhirnya  terlihat seperti gambar di bawah ini.

2 komentar:

Semua umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.

1. Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
2. Pastikan untuk "Berlangganan Lewat Email" untuk membangun kreatifitas blog ini
3. Jika Anda memiliki masalah cek dulu komentar, mungkin Anda akan menemukan solusi di sana.
4. Jangan Tambah Link ke tubuh komentar Anda karena saya memakai system link exchange
5. Dilarang menyebarluaskan artikel tanpa persetujuan dari saya.
6. Bergabung dengan kami untuk menjadi member ► | JOIN TO MEMBER BLOG | Dan mendapat fasilitas penuh