25 Agt 2012

Memblokir IDM dengan registry

Rasanya sudah tidak asing lagi aplikasi IDM bagi para netter, terlebih jika para netter sangat hobi download, apapun itu. Aplikasi ini biasa mereka jadikan sarana untuk mempercepat proses download (karena bisa memcapai 500% melebihi proses download biasa), jadi tidak menghabiskan banyak waktu untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan di dunia maya. Tetapi tahukah Anda bahwa aplikasi ini juga menjadi Blacklist bagi para pemilik warnet? Kok bisa..?? Ya, karena jika ada salah satu client saja sedang memakai aplikasi ini untuk mendownload file dari internet, maka client yang lain bahkan server sekalipun akan terganggu. Setelah diselidiki ternyata aplikasi ini banyak mencuri bandwidth, that’s why kecepatan  download bisa mencapai 5 kali lipat dari download biasa.

Untuk menekan penggunaan IDM, biasanya para pemilik warnet menggunakan Mikrotik untuk memblokirnya. Ada juga yang memakai aplikasi semacam remote client dimana saat salah satu client memakai aplikasi ini akan langsung di putus oleh server. Dan ada cara ketiga yang baru saja saya temukan yaitu memblokir IDM dengan registry.
Program ini akan menambahkan string baru pada registry yang intinya tidak mengijinkan aplikasi IDM berjalan di komputer, bukan berarti IDM tidak bisa diinstall dalam komputer ini. Jadi IDM tetap bisa diinstall tapi tidak bisa dijalankan.


Jika Anda berminat untuk mencobanya, download file Blokir IDM.reg ini dan jalankan pada komputer Anda. Maka akan muncul peringatan seperti gambar dibawah.



Jangan lupa untuk melakukan restart komputer agar program benar-benar bisa berjalan. Sesudah di restart, jika komputer diinstall IDM akan tetap bisa terinstall tetapi tidak bisa dijalankan programnya dan akan keluar pesan error seperti di bawah ini.
Program diatas adalah hanya salah satu program yang mungkin bisa membantu Anda yang alergi dengan IDM meskipun masih banyak program lain yang (mungkin) lebih lengkap fiturnya.
Semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Semua umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.

1. Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
2. Pastikan untuk "Berlangganan Lewat Email" untuk membangun kreatifitas blog ini
3. Jika Anda memiliki masalah cek dulu komentar, mungkin Anda akan menemukan solusi di sana.
4. Jangan Tambah Link ke tubuh komentar Anda karena saya memakai system link exchange
5. Dilarang menyebarluaskan artikel tanpa persetujuan dari saya.
6. Bergabung dengan kami untuk menjadi member ► | JOIN TO MEMBER BLOG | Dan mendapat fasilitas penuh