8 Mar 2012

Tag Meta Untuk Blogger Yang cocok |ZI|Share

Tag meta

Tag meta adalah cara terbaik bagi para webmaster dalam memberikan informasi mengenai situs mereka kepada mesin pencari. Tag meta bisa dipakai untuk memberikan informasi kepada seluruh jenis klien, dan tiap sistem hanya memproses tag meta yang mereka pahami dan mengabaikan sisanya. Tag meta ditambahkan ke bagian <head> dari laman HTML Anda dan umumnya akan terlihat seperti ini :

<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01 Transitional//EN"
"http://www.w3.org/TR/html4/loose.dtd">

<html>

<head>

<META NAME="Description" CONTENT="Author: A.N. Author, Illustrator: P. Picture, Category: Books, Price:  £9.24, Length: 784 pages">

<META http-equiv="Content-Type" CONTENT="text/html; charset=iso-8859-1">

<META NAME="verify-v1" CONTENT="+nxGUDJ4QpAZ5l9Bsjdi102tLVC21AIh5d1Nl23908vVuFHs34="/>

<title>Example Books - high-quality used books for children</title>

<META NAME="robots" CONTENT="noindex,nofollow"> 
Google memahami tag meta berikut ini (dan item terkait) : 
<meta name="description" content="A description of the page" /> Tag ini memberikan deskripsi singkat mengenai laman terkait. Dalam situasi tertentu, deksripsi ini digunakan sebagai bagian dari kutipan yang tampak di hasil telusur. Keterangan lebih lanjut
<title>The Title of the Page</title> Meski secara teknis bukan merupakan suatu tag meta, tag ini kerap digunakan bersama dengan "deskripsi". Konten tag ini umumnya tampak sebagai judul dalam hasil telusur (dan tentu saja dalam browser pengguna). Keterangan lebih lanjut
<meta name="robots" content="..., ..." />
<meta name="googlebot" content="..., ..." />
Tag meta ini bisa mengendalikan perilaku mesin pencari yang menperayapan dan mengindeks. Tag metarobot berlaku bagi seluruh mesin pencari, sementara tag meta "googlebot" bersifat spesifik untuk Google. Nilai standarnya adalah "indeks, ikuti" (sama dengan "semua") dan tidak perlu ditetapkan. Kami memahami nilai berikut ini (saat menentukan banyak nilai, pisahkan dengan menggunakan koma):
  • noindex: mencegah agar laman tidak diindeks
  • nofollow: mencegah agar Googlebot tidak mengikuti tautan dari laman ini
  • nokutipan: mencegah agar kutipan tidak ditampilkan dalam hasil telusur
  • noodp: mencegah penggunaan alternatif deksripsi dari ODP/DMOZ
  • noarchive: mencegah agar Google tidak memperlihatkan tautan yangtersimpan untuk sebuah laman.
  • unavailable_after:[date]: memudahkan Anda dalam menentukan tanggal dan waktu yang pasti untuk menghentikan perayapan dan pengindeksan laman ini sesuai keinginan Anda
  • noimageindex: dengan ini Anda bisa menentukan bahwa Anda tidak ingin laman Anda muncul sebagai laman rujukan untuk gambar yang muncul di hasil telusur Google.
Sebagai catatan samping, Anda kini juga dapat menentukan informasi ini pada tajuk laman Anda dengan menggunakan perintah tajuk HTTP "X-Robots-Tag". Ini khususnya bermanfaat bila Anda ingin mengatur perayapan dan pengindeksan berkas non-HTML seperti grafis atau dokumen jeni lain.
<meta name="google" content="notranslate" /> Saat kami mengenali bahwa isi suatu halaman tidak dalam bahasa yang cenderung ingin dibaca oleh pengguna, kami kerap menyediakan tautan ke terjemahan dalam hasil telusur. Secara umum, hal ini memberi Anda peluang untuk membuat isi yang unik dan menarik bagi kelompok pengguna yang lebih luas. Namun demikian, boleh jadi terdapat situasi dimana hal ini tidak diinginkan. Tag meta ini menginformasikan kepada Google bahwa Anda tidak ingin kami memberikan terjemahan untuk laman ini. Keterangan lebih lanjut
<meta name="verify-v1" content="..." /> Anda dapat menggunakan tag ini pada laman level-atas di situs Anda untuk memverifikasi kepemilikan terhadap Alat Webmaster. Harap diperhatikan bahwa meski nilai atribut "nama" dan "isi" harus benar-benar sama dengan apa yang diberikan kepada Anda (termasuk huruf besar dan huruf kecil), tapi bukan masalah bila Anda mengubah tag dari XHTML ke HTML, atau bila format tag sesuai dengan format laman Anda. Keterangan lebih lanjut
<meta http-equiv="Content-Type" content="...; charset=..." /> Tag meta ini menguraikan jenis isi dan set karakter laman tersebut. Pastikan bahwa Anda mengurung nilai atribut isi dengan tanda petik - bila tidak demikian atribut charset dapat ditafsirkan secara keliru. Keterangan lebih lanjut
<meta http-equiv="refresh" content="...;url=..." /> Tage meta ini mengantarkan pengguna ke URL baru setelah beberapa saat, dan terkadang digunakan sebagai bentuk pengalihan sederhana. Namun demikian, hal ini tidak ditunjang oleh seluruh jenis browser, dan dapat membingungkan pengguna. W3C tidak menyarankan penggunaan tag ini. Kami menyarankan penggunaan pengalihan server-side 301saja.
Poin penting lain yang perlu diperhatikan:
  • Google bisa membaca baik tag meta gaya HTML dan XHTML, tanpa memperhatikan kode yang digunakan pada laman.
  • Dengan pengecualian terhadap "verifikasi", huruf besar-kecil secara umum bukan hal penting dalam tag meta.
Ini bukan merupakan daftar eksklusif dari tag meta yang tersedia, dan Anda bebas menggunakan tag meta yang tidak tercantum bila penting bagi situs Anda. Harap diingat bahwa Google akan mengabaikan tag meta yang tidak diketahuinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Semua umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.

1. Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
2. Pastikan untuk "Berlangganan Lewat Email" untuk membangun kreatifitas blog ini
3. Jika Anda memiliki masalah cek dulu komentar, mungkin Anda akan menemukan solusi di sana.
4. Jangan Tambah Link ke tubuh komentar Anda karena saya memakai system link exchange
5. Dilarang menyebarluaskan artikel tanpa persetujuan dari saya.
6. Bergabung dengan kami untuk menjadi member ► | JOIN TO MEMBER BLOG | Dan mendapat fasilitas penuh